Kamis, 17 Januari 2013

Tips Latihan Untuk Mengencangkan dan Membentuk Paha dan Bokong

 
 
 
 
 
 
14 Votes

5148 Paha dan bokong yang terbentuk dengan baik merupakan daya tarik tersendiri bagi wanita. Banyak yang berusaha untuk mendapatkannya dengan melakukan berbagai macam latihan seperti aerobik atau ikut berlatih beban di fitnes. Jika berlatih di suatu tempat fitnes yang mempunyai peralatan lengkap sih hal itu tidak menjadi masalah, banyak peralatan yang bisa digunakan. Namun jika tempat yang digunakan untuk berlatih tidak menyediakan peralatan yang cukup, maka hasil yang didapat juga mungkin akan kurang maksimal. Dibawah ini ada beberapa contoh gerakan latihan untuk mengencangkan dan membentuk paha dan bokong yang dapat dilakukan di rumah atau di fitnes yang hanya memerlukan alat bantu yang sederhana.
Squat
Untuk mengencangkan dan membentuk paha dan bokong, latihan terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan latihan beban squat. Squat merupakan latihan beban yang terberat dibandingkan dengan latihan lainnya hingga disebut sebagai king of Exercises. Gerakan latihan Squat melibatkan paling banyak otot (tidak hanya otot kaki saja yang terlibat tetapi otot lain pun ikut serta seperti otot punggung, bahu, dada dll) dan merangsang pengeluaran Hormon Pertumbuhan (Growth Hormone/GH) terbanyak dibanding latihan beban lainnya sehingga sangat baik untuk membantu pembentukan otot dan kekuatan secara menyeluruh.
BB Full Squat
Gerakan latihan Full Squat
Untuk wanita yang ingin mengencangkan dan membentuk paha dan bokongnya, melakukan latihan squat ini dengan beban mungkin merupakan hal yang sangat berat. Untuk itu ada beberapa contoh gerakan squat yang dapat dilakukan tanpa menggunakan beban tambahan (hanya dengan beban badan sendiri) sehingga latihan ini dapat dilakukan di rumah.
Single Leg Squat Leg Back
Single Leg Squat leg back
Single Leg Squat Pistol
Single Leg Squat Pistol
Single Leg Split Squat
Single leg Split Squat
Jika mempunyai sepasang dumbell, bisa juga menggunakan dumbell yang digenggam di kedua tangan untuk menambah beban.
DB Squat
Dumbbell Squat
Ketika mulai bergerak turun ke bawah, bayangkanlah seolah kita akan duduk sehingga lutut tidak akan bergerak melebihi ujung jari kaki. Jaga agar lutut tidak bergerak melebihi ujung kaki agar tekanan beban tetap pada paha dan bukan pada lutut. Pandanglah ke depan atau ke atas untuk menjaga posisi pungung agar tetap lurus. Turunkan badan sampai paha sejajar dengan lantai dan kembali ke posisi semula sambil membuang nafas. Catatan: Untuk lebih memberi tekanan pada otot pantat, turunlah sampai paha berada sedikit dibawah posisi sejajar paha dengan lantai.
*****
Step Up
Gerakan Step up menyerupai gerakan pada saat kita melangkah menaiki tangga, sehingga memerlukan alat bantu berupa bangku atau lainnya.
Step Up
Step up
Step Down
Lateral Step up
Lateral Step Up
Lateral Step up 2
Untuk menambah beban, bisa menggunakan sepasang dumbel yang digenggan di kedua tangan.
DB Step Up
Dumbbell Step Up
*****
Lunges
Lunge merupakan latihan kaki yang melibatkan otot paha depan, paha belakang, pantat dan betis.
latihan kaki
Barbell Lunge
latihan kaki
Dumbbell Lunge
latihan kaki
Walking Lunge
Peganglah dumbbell pada kedua tangan dan berdirilah dengan kedua kaki sejajar. Busungkan dada dan mulailah melangkah dengan langkah panjang ke depan dengan menekuk kedua lutut sambil tetap memegang kedua dumbbell disisi badan. Pada kaki depan, jagalah agar lutut tegak lurus dengan lantai. Sementara lutut kaki belakang diturunkan sampai hampir menyentuh lantai. Berdirilah kembali seperti pada posisi awal dan mulailah dengan kaki yang lainnya.
*****
Stift Leg Deadlift
Deadlift merupakan latihan yang baik untuk paha belakang, pantat dan punggung bawah.
weight training
Barbell Stift Leg Deadlift
latihan paha
Dumbbell Stift Leg Deadlift
Single Leg StiffLeg Deadlift
Single leg Stift Leg Deadlift
DB Single Leg StiffLeg Deadlift
Dumbbell Single leg Stift Leg Deadlift
Peganglah barbell atau dumbbell didepan paha dan berdirilah dengan kaki selebar bahu. Busungkan dada dan kuncilah pinggang. Mulailah turunkan beban ke bawah sejauhnya sambil tetap menjaga kaki dan punggung tetap lurus. Selama gerakan pandanglah ke depan untuk membantu menjaga punggung agar tetap lurus. Dari posisi bawah kembalilah ke posisi semula dengan menggunakan otot paha belakang.
Catatan: Dekatkan beban ke kaki untuk menjaga stabilitas.
*****
Hip Extension
Hip extension merupakan gerakan yang baik untuk memaksimalkan pembentukan bokong.
latihan kaki
Cable Standing Hip Extension
Supine Single Leg Hip Extension
Lying Hip Extension
Catatan: Untuk gerakan dengan kabel, kabel dapat diganti dengan beban yang diikatkan pada pergelangan kaki.
hipextension Weighted Hip Lying Extension
*****
Hip Abduction
Hip abduction merupakan gerakan untuk pembentukan bagian pinggul (pangkal paha)
latihan kaki
Cable Hip Abduction
DB Lying Hip Abduction
Dumbbell Lying Hip Abduction
*****
Contoh Latihan
Lakukan latihan untuk paha dan bokong ini cukup seminggu sekali, karena paha dan bokong merupakan otot yang besar dan memerlukan waktu pemulihan yang cukup panjang.
Pilih salah satu dari gerakan Squat, dan tambahkan 2 jenis latihan lainnya selain Squat dan lakukan latihan selama 2 minggu sebelum merubah jenis latihan untuk 2 minggu berikutnya.
Lakukan pemanasan dan stretching sebelum melakukan latihan.
Lakukan setiap gerakan 3-4 set dengan 12-15 repetisi
# 1
Squat – 4 set
Lunges – 3 set
Hip Extension – 3 set
# 2
Squat – 4 set
Step Up – 3 set
Hip Extension – 3 set
# 3
Squat – 4 set
Lunges – 3 set
Stiff Leg Deadlift – 3 set
(dari berbagai sumber)
About these ads

3 komentar:

  1. wah artikelnya keren, kapan-kapan nyoba ah ^^. Oiya tau gak yang jual baju senam crystal? jadi enak kalo mau senam pake baju itu ^^ makasih

    BalasHapus
  2. Iya Artikernya Kerennnn(y) samgat membantu sekali ....
    oya klo untuk Toko yg jual alat2 seperti di atas td dan baju senam wanita yg keren Di mataram di manaya ?
    Mohon Bantuannya....

    BalasHapus
  3. salam kenal gan, artikelnya mearik ini, "dan saya informasikan kepada temen2 semua yg mencari baju senam terbaru silahkan cek katalog baju senam di www.bajusenamgrosir.com
    mga bermanfaat :)"

    BalasHapus